Cerita Mama dan Polisi Jahat

3.20 gw baru aja nyampe rmh. kaget bgt ternyata gw blm matiin ac, kabel2, chargeran hp, hairdryer, laptop dan segala app-ny termasuk itunes dan Internet!! wow.. gw pergi sekitar jam 10an waktu bokap tlp..

mmm.. pertama kali dia bilang mama kena musibah. well yang dibenak gw adalah : kecelakaan. pastinya.
soalny nyokap gw itu bukan tipikal ibu2 yang pantes nyetir kaya ibu canggih yg biasa gw liat2 dijln gitu.. hehe.. dia keukeuh bgt ga mo pake Pak Odon-driver fav gw dulu-*0*-  dgn alasan ga nyaman klo dimobil cm berdua. selain merasa udah bisa nyetir sendiri-dan karena selama ini ga pernah dikasih kesempatan untuk buktiin,alesan selanjutnya adalah mengurangi pos pengeluaran karena walopun udah digaji bulanan, mama tetep ga tega klo ga ngasih harian walopun cm buat beli rokok. lagian Pak Odon sekeluarga baik bgt ma kita..ga tega deh phk dia..

wew.ngalor ngidul
back to the story, ternyata mama ga kecelakaan. dia dirampok di BSD.
“ko bisa?”
“itu lho.. sama kejadiaannya seperti tmn bapak yang di Mandiri.”

oh God. gw pikir perampokan kaya gitu dengan mudahnya ga populer lg coz banyak juga beritanya kemana2.. Sayangnya, gw ga aware dengan keadaan nyokap gw untuk ingetin dia perihal kejadian2 kriminal dijln. gw bisa share ke org2 by email.tp gw lupain nyokap gw sendiri pdhl tinggal kekamarnya ga nyampe 5menit..

tmn bokap yg dimaksud itu mba Dian-gw ga tau yg mana orgnya-kerja di Mandiri. malem itu dia nangis2 tlp babe gw coz TKP di sekitar JakPus-menteng-ato dmn gw lupa-deket kantor bokap di Polkam,merdeka barat. *bokap gw selalu disana till 9pm-setiap hari* jadi mba dian cukup dibenarkan tlp bokap gw.

mba Dian nyetir sendiri. swift-item. disuatu jln ada org yg nunjuk2 bannya sambil kasih tau ada api keluar. lets say dia panic dan ngecek ban depannya itu. yaaa selanjutnya sudah pasti perampok itu beraksi. dy ambillah itu tas mba Dian. lengkap dengan segala isinya selayaknya org kantoran gitu, hp, cash, atm, id, hp, dsb,

terus,, cerita ttg nyokap gw.. rada ga tega karena selain mempublish cerita emak kandung sendiri 😉 ini bagian dari tanggung jwb kita sekeluarga for remind  her, berikut ga terlepas dari intelengensi pihak yg bersangkutan-untuk hal ini ditoleransi pada ibu2 yg sering diklaksonin dijalan, nyerempet mobil tetangga sendiri, ato parkir miring2.

mmm.. nyokap dari kantornya di dinas pertanian Tangerang—deket masjid Al-Azhom yg gede itu lhooo*ga penting* —menuju Puspitek Serpong buat rapat. nyetir mitsubitshi kuda-merah-B 1743 BH. well,harusny itu dipake bokap cuz jelas sudah milik dinas..tp dgn pertimbangan postur mama yg ga gitu tinggi akan berabe bgt klo dia nyetir sedan. ^bayangkan: ga ada feeling, pemula, dan tenggelem^

menurut cerita nyokap.. waktu lewat dpn kompleks gw– dikebon nanas.. dy ngerasa ada org yg merhatiin dy.berdiri.deket taksi yg suka mangkal disekitar situ–arah pintu tol ke Jakarta-Merak.

Jalan Tangerang – Serpong ga mungkin sepi,apalagi jm 9pagi. didepan Tifico-gading serpong, si motor ini ngedeketin mobil mama, blg bannya kempes tu bu..
pengakuan nyokap,dia ga peduli coz ga ada yg aneh ko.. terus aja dia jalan.. sampe depan RS As-Shobirin seorg yg lain lagi ngingetin dia perihal tu mobil-semua disebut dari kempes, keluar api, ngebul, yaaa banyaklah. menurut pengakuan dia lg. dia tetep cuek bebek tuh. cuma mikir.. masa sih?? tanpa curigain orang ini..

sampe akhirnya motor yg ketiga begitu baik hati dan ramahnya ngasih tau tu mobil knp dan sangat amat membahayakan dgn cara ngalingin jalan si mama..*mama tetep ga curiga ama orang ini*  berusaha ga peduli-tp dalam hati ketar ketir,, dy tiba2 inget cerita bokap klo ban pecah bisa ampe keguling,

hiks..lagi2 gw meringis,, edukasi kami terhadap mama sangat minim. mungkin kita kurang menambahkan faktor penyebab, pada kecepatan sprti apa,dan indikasinya klo itu —amit2 bneran terjadi.

mama pasang sen kekiri. berenti didepan ruko yg pas banget sebelum Giant-Vila Serpong. it’s so simple. standard pula. mama turun-tanpa matiin mesin gw rasa—dan udah pasti tanpa mencet lock diremote coz itu masih idup gitu mesinnya.. yg ini agak ga jelas coz gw ga bisa bawel introgasi dia-masih shock..ga tega.

dia liat ban depan yg kanan. dy ga ngerti apa yang salah-ini udah pasti-memaksa kita mentoleransi hal ini—banyak ibu2 yang ga tau apa bedanya ban enak ama ban ga enak. mama aja mungkin ga ngerti ban botak itu yang seperti apa.. **lanjut,  terus ada motor yg berenti. tp ga turun,, dy blg.. itu bu dibelakang ngebul bgt.. nyokap gw  jln disisi kanan kearah belakang. sadar ga sadar refleks dia untuk liat kesisi kiri mobil. pintu samping-yg kedua kebuka. terus beberapa org tanya nyokap gw ada apa, sebagian lg mulai ngeh.terus tiba2 satpam ruko itu teriak..”ibu,tasny dimana?? itu bu tasnya diambil!”
beuugggh.. ga kebayang kondisi nyokap gw. satpam berusaha ngejar pake motor. and then,, secepat kilat ada mobil patroli,, ada sekitar 3-4 org polisi.. Wah! kebetulan yang sangat sangat kebetulan! jarang2 lho.. polisi ada di TKP ga nyampe 2 mnit stlh kejadian.

inti dari cerita ini.. dimulai dari sini..
satu org polisi ini nyetirin mobil nyokap ke polsek serpong-di bsd., ya sama nyokap juga disebelahnya. sedikit maksa. waktu di TKP polisi ini dengan judesnya ga mau pinjemin hp ke nyokap buat tlp bokap. dy blg ga punya pulsa,apalah,, yg satu ga punya hp lah,,pdhal ga lama mama liat salah satunya punya 2hp. hehe..sungguh kejam kau polisi perlakukan ibuku.. ;(

gini,di tas itu.. nyokap bawa semua (bener-bener SEMUA) aset2 dia-sebagian untuk keperluan keluarga. buku tabungan, atm, id, pasport, credit card,dokumen asuransi, deposito, dll yg intinya duit ada disatu tempat-anasnya ada ditas itu. semua raib seraib raibnya.. mungkin nyokap gw nangis disitu,, 5rekening dia ditangan perampok. dan dengan teganya polisi ini maksa nyokap gw ke polsek di bsd. nyokap udah mo lgsg ke bank untuk blokir rekeningnya. gila aja. ktp,atm,buku tabungan, udah entah kmn.mama bner2 ga pegang apa2 kecuali si mobil dan beberapa uang ribuan buat ditol

udah berusaha jelasin kepolisi ini, bahwa kondisinya ga semudah dia kira. intinya rekening Mandiri, BNI, BRI, Lippo, Permata, dan Bank Jabar itu bener2 jerih payah emak gw selama ini..      termasuk deposito pendidikan buat gw,abang,dan ade gw,, —sebagian deposito ga lgsg bs dicairin. tp setelah gw aminin 4 dari 6 bank ini cukup bukti buku tabungan dan ktp buat ambil tu duit..weeeeww… nasib keluarga gw diujung tanduk.. ga kebayang! ga siap. ga sanggup.. sumpah ga kepengen,,

nyokap gw dibawa ke polsek bsd. wuiiih,, macam emak gw yg jd rampok dy maen giring seenaknya. mslh buat BAP itukan bisa nanti!! tp si rampok kan bisa kpn aja cairin tu duit selama bank blm diberitahu.

nyokap dibentak polisi. “udah sukur saya tolongin,yg penting kan ibu ga knp2! harta kan masih bisa dicari..!!”

—pengen gw ludahin org yg tega ngomong gini ke nyokap! harta emang bs dicari. sukur Alhamdulilah jg mama gpp.tp gw ga ikhlas aja klo tiba2 keluarga gw ga punya masa depan gra2 polisi ini – yang dengan irrasionalnya ga bisa jadi manusia yang punya hati.. rrg..

“tapi kan semuany tabungan saya disana pak..”
“ya ibu mau saya tangkep rampokny?? emangnya ibu bisa kasih saya apa?? piagam?? saya dapet apa??? yg penting ke polsek dulu buat BAP” hina polisi,, — ***gw udah nahan gw ngomong kasar ditulisan ini***
–nyokap udah mo cabut kebank sendiri-jelas2 polisi ga akan mau nganter dia..  seenggany abis dr bank baru buat BAP kek..apa kek.. padahal, pastinya mama ga sanggup nyetir lagi, balik lagi ke daerah bank (+/- 30 menit dari bsd)..
“itukan msh bisa ntar. nunggu suami saya”
polisi bak devil. tak peduli. (bahkan nyokap rela ngemis buat dipinjemin hp, pulsanya pasti diganti.. **well, gw ganti seharga HARGA DIRI bapak itu).
well,bukan maksud apa2.. tp apa dia ga liat tu nomor polisi.. bokap gw akan merasa terhina bgt klo tau cerita ini. -dy balik lg kekantor abis dari polsek td.. waktu gw masih nulis.. masih belom balik..- gw ga mau cerita. biar aja- mungkin ga sekarang… bukan itu prioritasnya..

“suami saya di menko polkam pak, bapak jgn seenaknya dong!” ****sangat terpaksa mama bilang ini, karna udah ga tahan.
“ohh.. enak dong, saya bisa naik pangkat ya buu.. emangny ibu bisa jamin saya dapet penghargaan?? naek pangkat? sini bayar saya sejuta biar saya tangkep rampokny!!” .. dasar sinting.. ini beneran orang ga sih ma?? gw ampe blg gitu ke mama…

dipolsek bsd.nyokap sempet dijudesin graa2 ga hafal no hp bokap waktu disuru spelling tu nomor.dia apal klo mencet srndiri,,hehe.. *nyokap gw emang gitu.. anggap aja Uniq*

setelah tlp bokap, dan bener aja, BAP bisa dipending.. nyokap diantar satu polisi yang  lain untuk ke bank satu persatu-dengan mobil kuda itu… dasar Endonesa.. gw berkhayal, alangkah membantunya jika klo ada laporan yg masuk,bisa di follow up ke tangerang pusat. and then mereka pantau 6 bank ini yg semuanya ditangerang. bukan sekedar duit selamet. ini kejadian ke4kalinya—untuk data polsek bsd aja. apa mreka ga pgn nangkep penjahat ini??!  gimana setangerang?? se jkt?? atau mungkin ini komplotan yg sama dengan kejadian mba Dian??

bokap menuju polsek bsd. gw ga ngerti knp hrs polsek itu lg,polsek itu lg,, yg didahulukan. polisi jahat entah dmn. gw pun ga liat sampe td plg..ngumpet kali.. mencoba ikhlasin..

kebetulan bgt a nuril ma si ade’ dirmh. qt lgsg nyusul mama didaerah pasar lama. rata2 banknya didaerah itu semua. bokap cuma minta gw tenangin mama..gw hub mama ke pak Nobi.si polisi yg kedua yg nyetirin mama ke bank- polisi yang sangat lemah lembut.. sampe ga ngerti gw harus bilang apa.. .. karna dia.. yaa..made mebit upset!! dy cm nganter a.k.a s+p*r yg klo nyampe tempat tujuan duduk menanti disisi gedung. tetep emak gw blg dia cukup baik. yaudahlah,, ga jelas dy diinstruksiin apa oleh sang atasan-yg gw ga ngerti yang mana… (bokap ga banyak org dipolsek tadi-dan semuanya jadi lebih efektif dan lancar setelah dia dateng–mungkin perasaan gw aja). ga ngerti apa gw harus bayar dimuka untuk sebuah simpati atas keadaan yang urgent. pak.. akan lebih bermanfaat klo mama saya bisa menyelamatkan tabungannya. coba aja cari tau apa bisa gaji pns- pertanian pula..  ngenes aja rasanya.. secara ini tugas bapak juga gituu.. diamanatkan membantu proses pengamanan..

gw tau semua urusan dimana2 pake duit.. ga perlu diminta keluarga gw juga tau diri koooo.. ga usah disebutin nominalny sejuta deh.. disaat seperti itu dy pasti kasih lebih klo aja tasnya msh bisa balik. atau dokumen n rekny dibalikin-atau itu ada cash 2,5 plus hp mama buat rampokny juga bodo deh.. kita udah ikhlas.

nyokap gw ngurus sendiri ke bank mandiri dan lippo – gw bahkan blm tau kabar musibah-blm ditlp bokap saat ini. birokrasi menyulitkan nyokap gw??? udah pasti.. pasti banget. impossible untuk blokir via tlp. nyokap dlm keadaan bingung, cape, *gw tau dy blm makan. ga ada siapapun disamping ma2—kecuali pak Noby yg innocent//bahkan tanpa perlindungan–ga mungkin berkhayal dia akan kasih nyokap gw air minum..

2bank ini mengharuskan BAP. serba salah,, hampir 1jam ngurus 2rek. waktu gw tlp mama nangis minta gw bantuin dia dibank. **gw pengen banget cepet nyampe disana*** entah CS itu bank nanya apa-yg pasti nyokap ga bisa u/ nginget detail2 tiap bank. sadis,masih ada 3bank lg yg harus segera kita blokir***secara manual..-yg permata udah dihandle bokap.

dijalan gw tlp bank BRI cabang tangerang. awalnya mereka anggep remeh tlp gw. ade n abang gw dimobil udah mendidih jg denger gw meninggi-dioper entah bagian apa. 2kali gw ceritain kronologisnya. bahkan gw menawarkan jaminan-seenganya tlg pantau rekening itu. akhirnya dioper ketiga kalinya-tanpa blg apa2-sopaaan bgt daaaah…

akhirnya pak Bambang memblokir tu rek tanpa persyaratan macem2..
thx pak.. -walopun saat itu gw ga yakin karna ga da jaminan tabungan mama aman. syukur bgt BRI waktu qt kesana buat mastiin rek itu bner2 ditutup. pas gw kesana sempet ribet ma satpam yg ga ijinin gw ktmu CS dgn fast track. gw disuru ngantri… ya oloh.. puluhan kali nomornya..rame bgt..
—gw inget ttg pak bambang yg dtlp td. thx God.dy org dalem.,pas gw n mama dtg dy udah siapin berkasnya. dy juga kasih kemudahan mengenai deposito nyokap. semua diprint. swear,ga nyampe 10 menit..

gw ke bank jabar. ini bank cuma punya operator tanpa punya line tlp. ngeselin. dtlp ga bisa. grrt.,,
dari satpam gw bisa fast track ampe ke meja CSO, bank Jabar penuh gila2an.. tampang acak2an,desperate,dan buru2 gw narik perhatian bgt kayanya.sempet mikir.. mungkin perampok itu ada disana..hehehe

CSO.. namanya retno ..bla..bla..yanti. kurang lebih begitu.
gw ga bisa berkali2 jelasin,gw pgn segera mungkin! gw pgn cepet nyusul mama yg lg ngurus bank terakhir. BNI, pgn aja deket dia saat itu,

terus,, jgn harap gw diterima dgn ramah oleh si retno. boro2 ditanya ada apa. gw udah bediri didepan muka si Retno -dgn pengecualian dr satpam yg msh mau mendengar alesan gw— satpam baik, terima kasih ya.. sampai jumpa besok..*0* retno rada lemot. sok ga peduli
..hikssss… gw udah migraen.. telat makan pastinya. kakipun kambuh.. karena gw sempet jatoh ditangga waktu mo brgkt..huaaa bnyk deh cobaanny! antrian banyak. dan gw cm blg maaf ke bpk yg lg dilayanin itu..gw sih pede aja.. satpamnya yang nyuruh ko.. weeeekkk…

gw sempet kesel dan gw tunjukin.. waktu dia tanya satu hal : “emang jenis tabungannya apa??”
“maksudnya?”
“ya inikan qt ada macem2 jenisny.. ini kya warna buku tabungannya bla..bla..” menjelaskan dan sedikit menghina, jelas bgt retno melecehkan. dy nunjukin warna warni buku tabungan itu dgn gerakan jari kiri yg kasar mirip org ga sekola. sial. gw ga tau dulu gw anak silat.. shit!!
” ya saya ga tau mba.. ” – dalam hati berteriak : where’s ur data base retno?!?! —gw aja ga tau nyokap gw punya segini banyk rek,,
” no rek nya inget?”  tampang  ngeselin-dan ngelayanin gw sambil berdiri!! shit!
debat-debat-debat.. sampe akhirnya:
“ya engga lah mba! sayakan udah blg semuanya ga ada. gini lho mba, ibu saya lg ngurus bank yg lain. dan bukan bank ini aja yg hrs saya datengin. ada nominal yg hrs ibu saya selametin dulu. coba deh mba tlg jelasin gmn prosedurnya klo kondisi seperti ini!” klo mba minta BAP skrg jg. jelas ga mungkin. apa harus saya stay disini cm untuk pastiin ga ada org yg ambil tunai pk buku dan identitas ibu saya!??”

gw bikin onar. terserahlah. gw kehilangan kesabaran ngadepin birokrasi  yg nungging ky gini. dy bisa cek ktp gw.dia bisa cek biodata anak2 mama di tabungan ato depositonya! ih kesel,, setau gw deposito itu produk yg diharapkan bank. seengganya beri sedikit perhatian pd kasus gw.

“ok,klo ga bisa diblokir, saya cuma minta kepastian dari bank untuk pantau rek atas Nama ibu saya. cuma itu ko mba..ko jdi ribet banget sih..!”

“ya sebentar dong mba!!! ini juga lg saya blokir” sambil nungging2 ga jelas ngurus ini itu terus nunjuk layar yg jelas2 ga keliatan. anjrit ni org. kpn lo blokirnya?? ih.. situ ok bentak2 gw!! perasaan td lo jwb ga bs,, ah bodo deh,, mudah2an si retno lebih bercahaya deh mukanya..seengganya bsk keluarga gw ngurus tu rek dia ga senenek lampir hari ini. tetep gw nasabah. dan gw nasabah yang egois. emang kenapa??!! sebel gw..jgn sampe lo bentak nyokap gw retno lampir.. (dendam ala sinetron).

gw udah hampir cape nulis ini. tp nanggung jg ya.. pnjg bnerr..
yg terakhir gw nyusul yg lain sendrian ke bni. dtlp a nuril coz butuh bantuan ngurus di BNI. untung deketan dari bank Jabar. gw terpaksa jln kaki karna a nuril blg deket bgt..

ancur,,tengah hari bolong.. boro2 payungan— parno.. sendirian.. gw udah lama ga kedaerah sini.. udah lama juga keluyuran ditmpt umum tanpa kendaraan. gw takut perampoknya ngapa2in,, hehe.. *gw ttp percaya mereka ada dibank Jabar dan ngikutin gw diblkg.. hehe.. gw takut diculikkkk.,, –sapa juga yg sudi nyulik lo cha?! huhuhu—-

waktu di BNI-it was good.. gedungnya pling mending diantara yg laen.. satpamnya cukup menghibur..
ade gw dan Pak Nobi still became -driver- mereka berdua duduk didepan lobby.. duduk.. ade gw sambil jajan es… — bagus bener ni bocah — dy ga tau kknya baru aja mo makan si retno.. gw jd pgn tau nominal rekening  nyokap.. bsk gw kesana lagi ah.. sapa tau bisa ktmu managernyaa.. kasih saran, kritik,, hehe,,

CSO BNI baik..tempatnya enak-ky br direnov.. gw n a nuril di lt.2.. masalahny skrg adalah.. sistem data base BNI cuma bisa dicari dari input nama aja.. Glek! dari bank2 sebelumnya gw cukup nyebutin nama depan mama. atau nama depan yg disingkat. ga ada jaminan atau bio rahasia lain. gw cm sebut alamat.. n taraaa bank jabar n BRI ga mslah tuh. bahkan ktp gw baru diperluin disini.
selama gw dibikin naik pitam di bank Jabar. a nuril menanti dengan tampannya. nungguin si mba nememukan dengan nama apakah mama buka rekening disini??!! nah lo.. gelar Hj. didepan dan dibelakang ampe dicari juga. ampe ketemu 3yg mendekati nama mama pas gw dtg. berdasarkan result dr sistem informasi oerbankan  yg super canggih itu-edan euyyy.. *a nuril mulai beraksi ***secara dy gape data base gitu.. tp tetep lulusnya abis gw..*ga penting lg*, pgn tau org data basenya..gw berusaha nahan dia^karna dia selalu lebih ga rasional dr gw.. hehe.suweeeerrrrr- gw berusaha menghargai sistem..bisa jadi cuma mama org yg ga inget nama atau gelar apa yg dia pake di bni. huuuugh!

tetap tak bergeming– kayanya nama mama susah buat di kloning deh.. sesusah itukah??? abis itu.selama 15menit qt sedikit bikin gempar lt1 dan 2 BNI-gara2 nyokap gw ilang… didepan ade n pa noby blg mama diatas. di atas aa blg kesana.. ga tau kmn.. kebawah kali… &5|>%€%!!!

dodol abis.. gw bulak balik– nyariin–
lagi2 gw takut penjahat itu ngapa2in.. ngeri aja klo nyokap diculik.. hohoho,. berasa semua mungkin.

finally gw ktmu nyokap… di Lt.3 -office- pejabat bni tangerang ini tmn mama waktu smp..emak gw lusuh bgt tampangnya.. ga tega deh!
ohy, disini ttp blm ktmu..pake nama apa… haaaah cape urang…
susah payah mama inget2.. sampe ada mas2 data base turut serta bulak balik ke mama n a nuril… si CSO lt2 pun ttp disuru nyari oleh si ibu pejabat.. maaci ya ibu cantik.. *eye shadownya lucu bu..eksis.. gonjreng. owe dah* …. menunggu … urutin aja tu ampe bego. karena faktor koneksi. kami ber5 bisa meninggalkan bank.. waktu djln.tmn ma2 itu tlp.akhirnya ktmu.dan bisa dblokir.. horrrrreeeeee…

sejauh ini..kelihatannya hampir beres. tp ko gw msh ga yakin rek itu semua ga da yg berkurang sdktpun ya?.. udah gitu gw ngerasa rumah gw pun akan diliat sesekali org mereka. yg kerja drmh-lagi mudik,bsk br balik.dan hari ini ga ada org.. waktu pergi sih sempet titip tetangga.. gw juga sogok satpam komplek buat jaga digang gw–hehe.. lucunya..pas pulang td satpam ini jaga berdua digang gw.. tu pos digerbang komplek mereka tinggal aja loh..  hehehe.. dasar,,,

endingnya.. kita sekeluarga berkumpul di polsek. jarang2 kita komplit diluar rumah begini..**jgn sampe gw sebutin kpn terakhir kita jln sekeluarga**kecuali lebaran..

bapak,mama, plus orgnya si babe dari polda  msk kedlm.. qt ga diajak… jd ga tau deh gmn rasanya disana..yang ada gw ditawarin liat tahanan. Terima Kasih Pak,, ga sanggup.

intinya.. tidak ada yg bisa dilakukan polisi selain buat BAP. berharap tas dan segala pernak pernik kembali?? rasanya mustahallah ya boooo… bokap ga minta penanganan macem2.. entah pasrah. entah ga pgn.. atau pgn tapi ga guna.. atau tanpa sepengetahuan kita.. ga ngerti jg gw.. gw sendiri sempet nyari itu polisi yg jahat.nihil,, ga ada yg tau..  mobil polisi juga ga nongol2..  heran,,. heran. dan gw ga bisa tidur malem ini. parno.. tu rampok bisa kapan aja kesini.. bokap ga bilang apa2.. dan tinggal gw yang masih melek.. bolak balik ke atas-kebawah.. tapi ga kedapur..ngerii.. **gw laper…blm makan,,, hiks..**

About this entry