Enjoyable Final Project

for all my friends at 33 WSC, i wrote the history of UNGUband. reference from unguband.
Gud Luck guys! see ya tommorow.. *or see ya at friday* hahaha.. desire for absent 🙂

1st time
Awal mula kesuksesan UNGU adalah setelah 2 lagunya masuk kedalam kompilasi KLIK. Di album ini mereka dibantu oleh Sawung Jabo dan string Banyu Mili. Untuk rekaman, UNGU melakukannya di Hijau Studio milik Anang Hermansyah.

1997
Rowman (drum) keluar dari UNGU, digantikan oleh Icad

1998
Michael (vokal) keluar dari UNGU, digantikan oleh Pasha

1999
UNGU ditemukan oleh Anang Hermansyah yang membawa mereka ke produser

2000
2 lagu UNGU “Bunga dan “Hasrat” masuk kedalam kompilasi album KLIK produksi Warner Musik Indonesia bersama LAKUNA, BORNEO, PIKNIK, dan ENERY

2001
Eki (gitar) ikut tour panjang BASE JAM, Posisinya sementara digantikan oleh Enda yang merupakan crew gitar UNGU. Kemudian UNGU bergabung dengan BAR & Co. sebuah artis management yang kemudian menjadi produser pertama album UNGU

2002
Rowman (drum) kembali bergabung dengan UNGU, Eki (gitar) dan Gatot (keyboard) keluar dari UNGU. Enda resmi menggantikan Eki sebagai gotaris tetap. Pada tanggal 6 Juli 2002 UNGU merilis album pertamanya LAGUKU, produksi Hemaswara (Musica Group). Single “Bayang Semu” menjadi doundtrack sinetron ABG yang tayang di RCTI. Sementara single “Jangan Siakan” menjadi soudtrack Tanpa Saksi Mata. Ungu Memulai tour panjangnya ke hampir 100 kota di Indonesia. Pada saat tour ini, Oncy baru menjadi additional gitar UNGU

2003
Oncy resmi masuk sebagai personil tetap UNGU, Pada Desember 2003 Ungu merilis album kedua mereka Tempat Terindah, single andalan mereka “Karena Dia Kamu”, “Tempat Terindah”, dan “Suara hati”.

2004
Pada Januari 2004 UNGU menerima Platinum Awards untuk album LAGUKU, Setelah memetuskan untuk kerja sama dengan BAR & Co. UNGU membuat lagu “Ciuman Pertama” untuk soundtrack film Buruan Cium Gue produksi Multivison. Sayangnya, film dan album soundtracknya ditarik dari peredaran karena dianggap terlalu vulgar

2005
Hemaswara (Musica Gruop) – perusahaan rekaman UNGU menjadi Trinity Optima Production. Pada tahun ini UNGU berkolaborasi dengan Chrisye untuk album Chrisye yang bertajuk Senyawa. Pada Desember 2005, UNGU kembali merilis album ketiga MELAYANG. Cover Album bergambar sayap peswat membawa harapan bawa album ini juga akan ‘melayang’. Single “Demi Waktu” yang sedikit berbeda dengan musik UNGU sebelumnya ternyata mamapu menarik perhatian masyarakat. Dalam waktu dua minggu setelah rilis, UNGU menerima Platinum Awards, dan pada Desember 2005, UNGU menjadi Exclusive Artis of The Month di MTV Indonesia

2006
20 Januari 2006, satu bulan setelah album MELAYANG dirilis, UNGU kembali menerima Double Platinum Award untuk penjualan sebesar 300.000 keping, dan dipilih oleh TELKOMSEL sebagai corporate ambasador. 4 perusahaan rekaman di Malaysia ‘berebut’ ingin merilis album MELAYANG dinegri jitran tersebut, kemudian Suria Records-lah yang terpilih sebagai partner Trinity Optima Production.

pada September 2006 untuk pertama kalinya UNGU membuat mini album religi bertajuk SURGAMU, album yang berisi 5 lagu ini laku terjual 150.000 keping pada minggu pertama bulan Ramadhan di tahun 2006, dan lagi-lagi berhasil memperoleh Platinum Award.

Oktober 2006, UNGU menerima penghargaan Inspiring Award dari Kementrian Pemuda dan OLahraga untuk memasyarakatkan sisi religi pada albumnya. Sayangnya UNGU saat itu ditolak masuk kedalam istana Wapres karena alesan pakaian yang kurang sopan. Akhirnya penghargaan tersebut diserahkan secara pribadi oleh Mentri Adhyaksa Dault saat UNGU sedang merekam album keempatnya.

Ungu juga memperoleh nominasi MTV Indonesia Award 2006 untuk kategori
– Most Favorite Group / Band / Duo
– Best Director, dan
– Video of the Year

Tanggal 14 Desember 2006, UNGU memperoleh nominasi AMI Awards 2006 untuk 8 kategori, yaitu :
– Album Terbaik
– Karya Produksi Terbaik
– Bidang Penunjang Produksi untuk kategori Desain Grafis Terbaik
– Peramu Rekam Terbaik
– Duo / Kolaborasi / Group terbaik kategori Pop
– Produser Pop Terbaik
– Lagu Pop Terbaik, dan
– Album Pop Terbaik

19 desember 2006, Duka cita yang mendalam karena 10 orang meninggal setelah setelah menyaksikan konser UNGU yang diadakan dipekalongan Jawa Tengah

2007
Maret 2007, UNGU mengeluarkan VCD karaoke
Mei 2007, UNGU menjadi nominasi Angurah Planet Muzik 2007 untuk kategori Best Duo / Group dan Lagu Terbaik
10 Mei 2007, UNGU mengeluarkan collectible item berupa BookMagz di Planet Hollywood, Jakarta
15 Mei 2007, UNGU turut menyumbangkan lagu merka untuk soundtrack film Coklat Stroberi
25 JUni 2007, UNGU menerima 4 penghargaan SCTV Music Award 2007 untuk kategori Album Pop/Rock Terbaik, Album Religi Terbaik, Video Klip Terbaik, dan Lagu Terbaik.
Pada tahun ini pertama kalinya UNGU dan Keluarga melaksanakan ibadah umroh bersama keluarga, hal tersebut dilakukan sebagai rasa syukur mereka terhdap kesuksesan UNGU selama ini.

Agustus 2007, UNGU merilis album keempat UNTUKMU SELAMANYA di Malaysia (9 agustus)
di Singapura (10 Agustus 207), Hongkong (12 Agustus 2007), dan di Indonesia (15 Agustus 2007)

UNGU menjadi brand ambasador Extra Joss, BNI Haji, dan Suzuki

24 Agustus 2007, UNGU memperoleh SCTV Award 2007 untuk kategori Band Ngetop

15 Sepetember 2007, UNGU kembali merilis mini album religi kedua bertajuk PARA PENCARIMU, launching kali ini diadakan di Bandung, single “Sesungguhnya” dari album ini dijadikan soundtrack sinetron Soleha yang ditayang di RCTI. Begitu juga dengan single “Para Pencari-Mu” yang juga dijasikan soundtrack sinetron Para Pencari-Mu produksi Dedy Mizwar yang ditayangkan di SCTV.

2008
Maret 2008 : UNGU menymbangkan lagunya untuk soundtrack film form Bandung with Love produksi Lighthouse Film, salah satunya adalah “Waktu Yang Dinanti”.

April 2008 : UNGU kembali menunaikan ibadah umrah untuk kedua kalinya

15 April : UNGU memperoleh penghargaan AMI Awards 2008 untuk 3 kategori yaitu ;
– Kategori Bidang Pop : Duo / Kolaborasi / Group Terbaik
– Biang Pop : Album Terbaik, dan
– Bidang Umum (Best of the best): Karya Produksi Terbaik

Advertisements

About this entry