Fight for Zimbabwe

yang saya tau, pencegahan kolera adalah perbaikan sanitasi lingkungan dan isolasi terhadap pengidap, tp setelah cek di www.infopenyakit.com ternyata ga cuma itu.

Sanitasi lingkungan yang dimaksud adalah mengenai kebersihan air dan pembuangan feaces pada tempat yang memenuhi standar lingkungan, meminum air yang sudah dimasak, cuci tangan dengan sabun, dan menghindari ikan/kerang yang dimasak setengah matang.

Untuk memutuskan tali penularan, pengidap diisolasi dan secepatnya mendapatkan pertolongan, area disterilisasi termasuk serangga lalat harus diberantas. sedihnya, 50% kasus kolera yang tergolong berat tidak dapat diatasi. itu artinya, jumlah korban di Zimbabwe akan terus bertambah berkali-kali lipat (jumlah dari 28 Nov sampai 2 Desember 2008 sekitar 150 orang meninggal dunia)

Sempet googling, mencari info bagaimana reaksi negara lain, termasuk reaksi empati pemerintah terhadap wabah kolera di Zimbabwe. (dan negara lain yang juga ga kalah menyedihkan di Afrika). tapi belum nemu. Anyone have?

Jika resesi perekonomian global makin menjadi-jadi. bagaimana nasib masyarakat disana?? mungkin kita mengeluh mahalnya beras, listrik, ini dan itu. padahal disana mereka cuma ingin hidup layak, makan, dan dapat air bersih. bahkan seseorang dilingkungan saya sendiri sempet menceritakan lelucon dr tmnnya yang SAMA SEKALI GA LUCU.

“klo di Indonesia, orang tua memilih siapa dulu yang mau dijodohin, tp di Zimbabwe orang tua pilih anak mana yang dikorbankan untuk tidak makan–biar mati lebih dulu” biasanya mereka akan pilih anak yang sakit2an untuk tidak makan demi menyelematkan anak yang lain. INI BENER2 GA LUCU. saya rasa semua teman juga setuju pendapat saya.

kembali ke masalah kolera, saya tiba2 pengen sekali bahas ini, karena baca satu paragraf berita dikoran hari ini. bahwa pemerintah Zimbabwe akan menutup saluran air bersih untuk solusi masalah ini terutama di Harare (bagian kota Zimbabwe yang besarnya setara dengan 8 provinsi lainnya di Zimbabwe). penduduk Zimbabwe akhirnya menggali sumur yang sangat dalam disekitar rumah mereka untuk mencari air bersih, karena berdasarkan letaknya, zimbabwe jelas tidak berbatasan dengan laut, dan semua org tau bagian mana didunia ini yang paling kekeringan ;( tapi yang mengenaskannya lagi. sumur2 yang digali oleh penduduk bahkan berdekatan sekali dengan MCK mereka sendiri.

saya ga bisa bayangin sekali lagi, zimbabwe itu bagai sebuah dongeng yang menyedihkan (jadi setara dengan dongeng karna kita hanya mendengarkan without act something), dengan inflasi lebih dari 2juta persen- sampai dikeluarkannya mata uang dolar zimbabwe dengan nominal 100 miliar.

Bagaimana cara memperbaikin keadaan ini?? jelas2 pemerintahannya sendiri ga akan mampu.

Atau gimana caranya kita ga cuma belajar dan menonton hal ini..
***lalu beberapa hari kemudian dengan imutnya ada satu daerah yang terkena wabah kolera diindonesia. mungkin aja kan??

klo anda pernah lewar jalur belakang airport Soekarno-Hatta, anda melewati kali yang benar2 dijadikan sumber air penduduk disepanjang kali. ibu2nya nyuci baju plus peralatan masak, dan anak2nya mandi dan berenang hampir setiap sore disana. padahal kalinya bener2 ga layak, dan berlimbah. padahal kota Tangerang bukan kota yang kecil dan tidak tumbuh. untuk bagian selatan merupakan kota yang produktif dibanding kota lain di Banten, bahkan dijadikan kota percontohan untuk beberapa proyek dalam dan luar negri.

kita harus benar2 bersyukur atas keadaan kita yang seringkali pas2an. besyukurlah karna kita jauh jauh jauh lebih beruntung! Bayangkan gimana perasaan orang2 yang sudah, dan mungkin akan terancam wabah seperti ini atau wabah lainnya yang bukan masalah/penyakit tidak serius.

Saya juga tiba2 inget pernah baca profile seorang fotografer yg bunuh diri, karna merasa bersalah disaat hasil karyanya benar2 terkenal. fotografer ini mempublikasikan hasil jepretan fakta mengenai seorang anak busung lapar yang terlantar dan nyaris mati di Afrika, anak sekarat yang bahkan sudah rampir rata dengan tanah sangking kakinya tidak berdaging, anak ini sedang diburu oleh seekor elang pemangsa (entah jenis bintang apa). liat fotonya aja.. ya Tuhan,, bener2 ga tega!!

i really want to do something for this condition. but.. im totally havent idea.
untuk area jakarta yang kumuh, atau dimanapun di indonesia, saya berharap pemerintah juga kita yang cuma tau sedikit ini bisa mengedukasi masyarakat yang belum sadar akan bahaya hidup ga bersih. kemiskinan bukan berarti anda hidup dengan berjuta ancaman penyakit. menkes selalu meneriakkan untuk hidup bersih dan memperbaiki MCK di prokernya. tp rasanya ko masih kurang lega ya??? 😦

begini lho, kemiskinan buat hidup satu keluarga bener2 ga ada pilihan lain selain memikirkan gimana caranya makan untuk hari ini. untuk kebutuhan sandang dan lain2nya hanya tinggal angan2. dan kenyataannya, rumah yang kurang baik kondisinya dipastikan memilki kamar mandi dengan kondisi serupa. atau bahkan tidak punya sama sekali.
oh gosh. im so sad about this. ga susah untuk menulis ini. tapi bener2 susah untuk menjadikan tulisan ini tidak hanya sekedar tulisan.

guys, i need to do something from here. anything, and asap.
but i cant do just in single bar. so what we’ll do?
*mo tidur tapi jadi migren sendiri* hiks. sedih. kesel.

coba cek update yang teakhir dari BBC hari ini

korban di Zimbabwe mencapai 500 orang. saya rasa ini lebih memprihatinkan drpd krisis di Mumbai. atau mungkin terorisnya harus berkaca pada wabah kolera ini (okay, i stop to write this, bcuz ist a complex trouble).

dipage BBC diatas, anda bisa liat kondisi rumah sakitnya. satu foto ttg gimana mereka ingin air–so hurtful for me, i swear. sampai mereka menegaskan, WE NEED THE WORLD TO HELP US. THE COUNTRY IS DYING AND PEOPLE ARE DYING. well, itu bukan sekedar statement. mereka benar2 minta tolong. dan saya rasa kita ga bodoh untuk pura2 ga tau hal ini.

more about Zimbabwe with in cholera victim

Zimbabwe Government Online

Zimbabwe Daily News – Zimbabwe Situation

How Beautiful Zimbabwe

a part of forum discussion at my – Character Building IV class, Binus University

Advertisements

About this entry